Lele Frozen Sebagai Peluang Bisnis

Produk Lele Frozen

Mengembangkan bisnis kuliner dimasa pandemi adalah pilihan yang tepat. Salah satunya adalah memelihara ikan lele. Selain untuk memenuhi kebutuhan dapur keluarga, lele dapat dikemas menjadi makanan siap olah. Lele frozen misalnya. Caranya pun cukup mudah dan sederhana. 

1. Pilihlah bibit lele yang sehat dan lincah

Bibit yang bagus memungkinkan kita untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal. Bibit yang bagus bukan hanya dilihat dari besar dan panjangnya benih. Benih lele yang berusia satu bulan sudah cukup umur untuk dipindah ke kolam pemeliharaan kita.


2. Pilihlah pakan yang tepat sesuai usia Lele. 

Perhatikan jenis asupan yang diberikan kepada lele, mulai dari pertama kali menanam benih sampai usia cukup panen. Selain pemberian pelet yang tepat, lele juga suka diberi makan sayuran hijau. Lele yang sehat bukan hanya dilihat dari bobot tubuhnya yang besar. Lele yang mendapatkan cukup protein dan vitamin dari pakan yang berkualitas akan tumbuh dengan sehat dan mengurangi bau amis saat diolah.

3. Menjaga kualitas air tetap bagus. 

Jenis kolam lele dapat disesuaikan dengan ketersediaan lahan yang ada. Kunci pemeliharaan ikan lele adalah kualitas air dan pakan yang bagus. Karena lele yang hidup di dalam kolam dengan kualitas air yang baik serta cukup oksigen akan memungkinkan dia tumbuh dengan sehat. Setelah cukup umur, lele dapat dipanen kemudian dibersihkan (membuang isi perut dan memotong sungutnya)


4. Siapkan bumbu-bumbu dapur yang diperlukan seperti garam, kunyit, bawang putih, dan ketumbar.


5. Haluskan semua bahan.


6. Balurkan semua bagian tubuh lele yang telah bersih dengan bumbu yang sudah dihaluskan. Biarkan sesaat agar bumbu semakin meresap.

7. Kemas lele yang sudah dibumbui ke dalam plastik penyimpanan sesuai berat yang dibutuhkan. 

Menyimpan makanan di dalam freezer memerlukan cara yang berbeda dari sekadar menyimpan makanan dalam suhu ruang atau kulkas chiller. Lele harus disimpan dalam kemasan frozen food kedap udara. Dengan packaging yang aman dan rapat, lele yang disimpan ke dalam freezer akan lebih tahan lama.


SEMUA BISA MELAKUKANNYA
JAGA NIAT BAIK & TETAP SEMANGAT

 


EmoticonEmoticon