Anak Indonesia



        Setiap ibu di jagat ini adalah guru pertama seorang anak. Sebagai seorang wanita, engkau akan memahaminya dengan baik. Pendidikan sudah dimulai sejak kantong ajaib dalam tubuhmu mulai terisi. Bayangkan, setiap wanita memiliki waktu sembilan bulan lebih awal untuk segera memulai sebuah pembelajaran bagi setiap anaknya. Tuhan telah memberimu kesempatan mencuri start mengagumkan itu. Kesempatan yang belum tentu dimiliki oleh semua wanita di bumi ini.
      Jika dalam sebuah keluarga wanita mempunyai peran lebih dominan dalam aktivitas mengasuh, tidak berarti peran ayah dan lingkungan menjadi tidak berarti. Tokoh lain dalam kehidupan seorang anak juga dapat menentukan karakter mereka. Tetapi bagi pertumbuhan seorang anak, kuantitas waktu bersama ibu adalah yang paling utama. Wanita menentukan karakter sebuah generasi dalam suatu bangsa.
      Menjadi bagian dari masyarakat majemuk seperti Indonesia adalah sebuah anugerah yang layak untuk disyukuri. Di negeri ini kita belajar banyak hal tentang keberagaman. Apa yang dapat kita lakukan untuk mempersiapkan anak-anak menghadapi sesuatu yang berbeda itu? Salah satunya adalah memperkenalkan baju adat daerah lain. Biarkan mereka sejenak merasakan menjadi 'orang lain', ada diposisi yang tidak sama. Menikmati rasa yang baru. Menghormati sudut pandang yang tidak biasa. Sampai tiba waktunya mereka akan tahu jika berbeda itu adalah baik-baik saja.


2 Post a Comment

Anak-anak suatu bangsa adalah cerminan bagaimana keadaan negeri itu.


EmoticonEmoticon